Menu

India Mulai Andalkan Rekrutmen Online Pada Sektor IT dan Komunikasi

India Mulai Andalkan Rekrutmen Online Pada Sektor IT dan Komunikasi

Di India, rekrutmen karyawan online kini menjadi menjadi semakin ngetren. Aktivitas tersebut meningkat 11 persen pada Januari tahun ini, dimana sektor IT/telekomunikasi memberikan kontribusi paling banyak.

Berdasarkan sebuah laporan oleh TimesJobs yang diulas oleh Firstpost.com, ini merupakan kali pertama sejak tahun 2012 rekrutmen online terus meningkat dalam tiga bulan berturut-turut.

“Sebuah pemerintah baru yang berenergi, keputusan kebijakan yang cepat dan reformasi mendorong rekrutmen pada sektor-sektor kunci,” tutur CCO TimesJobs,com Vivek Madhukar. Ia juga menambahkan bahwa e-commerce dan startup terus memberikan kontribusi secara siginnifikan.

Inovasi dan intervensi teknologi menciptakan kesempatan yang bisa mendongkrak lapangan kerja dengan cara menciptakan peran-peran dan pekerjaan baru dan unik. Untuk mempertahankan pertumbuhan pekerjaaan, menambahkan investasi pada sektor IT dan manufaktur penting dilakukan.

Analisa berbasis sektor  menunjukkan bahwa bidang teknologi informasi dan telekomunikasi muncul sebagai generator lapangan kerja paling puncak pada tahun Januari 2015 dengan kenaikan 19 persen pada permintaan. Secara rata-rata, sektor ini mengalami kenaikan permintaan tenaga kerja sekitar 9 persen selama periode November hingga Januari 2015.

Selain sektor teknologi dan komunikasi, bidang logistik dan gudang juga naik 14 persen dalam perekrutan karyawan, diikuti dengan bidang kesehatan yang naik 12 persen dan industri mobil di bawahnya. Laporan itu menambahkan bahwa permintaan atas profesional senior juga meningkat dengan pesat. Rekrutmen kandidat dengan pengalaman kurang dari 2 tahun serta 2-5 tahun dilaporkan meningkat delapan persen, sedangkan permintaan untuk kandidat dengan pengalaman kerja 20 tahun melonjak hingga 14 persen.•••

back to top