Menu

Asus Godok Smartwatch Baru Tanpa Android Wear

Asus Godok Smartwatch Baru Tanpa Android Wear

Di pasar jam tangan pintar, Asus memiliki produk ZenWatch yang cukup banyak dilirik oleh para penggemar teknologi wearable. Namun, kini perusahaan teknologi asal Taiwan itu sudah mulai mengerjakan produk smartwatch kedua mereka pasca Asus ZenWatch. Menariknya, Asus akan meninggalkan Android Wear dengan produknya ini.

ZenWatch merupakan jam tangan pintar pertama yang menghadirkan Android Wear dengan antarmuka yang terkustomisasi. Jam tangan ini menghadirkan antarmuka Asus ZenUI. Namun, kali ini perusahaan itu memutuskan melepas Android Wear seluruhnya dengan harapan bisa meningkatkan daya tahan baterai dari jam tangan itu.

“CEO Jerry Shen menyatakan bahwa Asus bisa jadi akan berganti ke sistem operasi mobile kedua untuk jam-jam pintar di masa depan agar bisa mendapatkan daya hidup baterai yang lebih lama. Artinya, Asus akan meninggalkan sistem Android Wear yang saat ini digunakan di ZenWatch,” tulis Focus Taiwan dalam laporannya.

Perangkat non-Android Wear ini juga diduga akan menjalankan sistem pada chip MediaTek yang saat ini masih dalam pengembangan. Perusahaan itu percaya bahwa menggunakan prosesor baru dan sistem operasi mobile baru bisa membantu meningkatkan daya tahan baterai hingga tujuh hari. Jika benar, ini jelas merupakan prestasi serius dari daya tahan smartwatch pada umumnya yang hanya satu hari saja.

Akan tetapi, ini bukan berarti bahwa Asus memutuskan mengucap selamat tinggal pada Android Wear. Perusahaan itu juga tengah merencanakan sekuel ZenWatch yang tetap menjalankan AndroidWear dan kemungkinan besar akan dirilis pada kuartil ketiga tahun 2015 nanti.•••

back to top