Menu

Inilah Debutan Bernilai Milyaran Dollar dari Korea

Inilah Debutan Bernilai Milyaran Dollar dari Korea

Desember tahun lalu, Aileen Lee dari Cowboy Ventures mengidentifikasi 39 debutan piranti-lunak yang telah mencapai valuasi sebesar lebih dari 1 milyar dolar AS.

Kemudian dikelompokkannya di bawah bendera The Unicorn Club dalam post yang menjadi landmarknya, TechCrunch. Sejak saat itu, semua debutan piranti-punak yang memiliki valuasi lebih dari 1 milyar US Dolar pada umumnya disebut ‘unicorn’ di Silicon Valley dan di seluruh dunia.

Dalam tulisan ini kami ingin berbagi analisis singkat kami tentang para debutan dari Korea. Sepuluh perusahaan ada di dalam apa yang kami sebut “Klub Unicorn Korea” (yang, menurut definisi kami, adalah perusahaan-perusahaan piranti-lunak asal Korea yang divaluasi lebih dari 1 milyar dolar AS oleh investor-investor pasar publik maupun swasta).  

Coupang, sebuah perusahaan perdagangan sosial yang menerima investasi sebesar USD100 juta pada bulan Mei lalu dari Sequoia Capital saat itu diperkirakan memiliki nilai valuasi sebesar USD1,2 milyar.

Gmarket, sebuah pasar e-commerce peer-to-peer, diakuisisi oleh eBay Korea pada tahun 2009 senilai USD1,2 milyar.

Perusahaan-perusahaan gaming Com2US, NCSoft dan Nexon, dan Internet portal Daum adalah perusahaan-perusahaan publik, dan kami menggunakan valuasi-valuasi modal pasarnya pada 10 September lalu.  

SmileGate, sebuah perusahaan gaming lainnya bukan perusahaan publik, sehingga kami mengalikan rasio harga-pendapatan rata-rata Nexon dan NCSoft dengan pendapatan bersih Smile Gate yang dilaporkan untuk memperkirakan nilai valuasi perusahaan ini.

Naver, portal internet dan perusahaan pencari  nomor 1 di Korea, adalah perusahaan publik, tetapi dengan spin-off IPO yang akan segera diluncurkan atas LINE, anak perusahaan yang dimilikinya sepenuhnya,  dan kami menyesuaikan valuasi Naver dengan menguranginya dengan  perkiraan nilai pasar LINE.

Perkiraan-perkiraan valuasi, yang dipublikasikan belum lama ini di media finansial, digunakan untuk Kakao, aplikasi pengiriman pesan paling populer di Korea Selatan, dan LINE, platform pengiriman pesan paling populer di Jepang, keduanya memiliki tingkat adopsi yang luas di seluruh dunia.•••

back to top