Menu

John McAfee: Kalau Anda Ingin Merdeka, Tolak Google!

John McAfee: Kalau Anda Ingin Merdeka, Tolak Google!

Pelopor keamanan dunia maya John McAfee punya pesan khusus untuk para pengguna Google. Bersikaplah bijak terhadap keputusan untuk berbagi semua tentang kita, bahkan yang bersifat rahasia.

Kalau Anda kira koleksi data pribadi yang Anda bagikan ke Google itu tidak berbahaya, McAfee ingin Anda berpikir ulang.

“Google, ingin kita percaya bahwa jika kita tidak punya sesuatu yang perlu kita rahasiakan. Dan mestinya kita tidak keberatan semua orang tahu segala hal tentang kita dan segala yang kita lakukan,” kata McAfee dalam sebuah kesempatan di konferensi keamanan Defcon di Las Vegas beberapa waktu lalu.  

“Seandainya semua orang tahu segala hal tentang semua orang lainnya, akan seperti apa jadinya perilaku manusia?” tanyanya. “Anda perlu betul-betul memikirkan ini.”

Inilah seruan McAfee untuk memperjuangkan privasi pengguna internet.

“Kita tidak bisa membiarkan seseorang menyerobot masuk ke dalam kehidupan kita, lalu kita bilang bahwa hidup kita masih bebas merdeka,” katanya. “Dan sungguh pada saat ini, kebebasan adalah satu-satunya yang saya punya. Dan satu-satunya yang Anda miliki, jika Anda mau berpikir.”

Pada bulan Januari lalu, McAfee juga sudah memperingatkan tentang bahaya-bahaya di balik botnet-botnet yang bertebaran di internet. Pada kesempatan yang sama McAfee juga menyampaikan bahwa perusahaan antivirus yang didirikannya, yang kini menjadi bagian dari Intel, tidak lagi menyandang namanya. Dia juga mengumumkan di Defcon bahwa dirinya sedang memulai sebuah proyek, yang disebutnya Brown List, untuk membantu orang melawan ketidakadilan.•••

back to top