Menu

Kebangkitan Aplikasi Sosial Anonim di Cina

Kebangkitan Aplikasi Sosial Anonim di Cina

Setelah banyak orang ‘mengamuk’ untuk keleluasaan anonimitas dan kerahasiaan yang telah dipimpin oleh aplikasi Secret dan Whisper, China mulai menkloning aplikasi hit berbagi-rahasia yang menjamur tahun ini.

Pada bulan lalu, sekitar delapan aplikasi dari genre ini muncul di China dan mendorong jumlah aplikasi tersebut sehingga menjadi lebih dari dua puluh macam. Tentu saja tidak mengherankan bila melihat popularitas aplikasi anonim ini di China, mengingat keberhasilan pendahulunya dari pihak asing. Mari kita lihat aplikasi apa saja yang sedang terkemuka di pasar China.

Mimi, yang berarti "rahasia" dalam bahasa Cina, dirilis pada bulan Maret tahun ini. Sebagai salah satu klon versi China pertama dari Secret itu menjadi hit secara instan seminggu setelah peluncurannya. Namun, Mimi menghilang dari rak virtual hampir sebulan setelah mencapai posisi teratas di toko aplikasi Apple, mungkin karena kekhawatiran karena dianggap pembajakan (Mimi adalah tiruan yang hampir sempurna dari Secret dalam hal interface dan gaya ikon nya) dan terkait penyebaran konten yang "tidak sehat". Shenzhen Wumii Technology Limited, pengembang Mimi, kemudian mengganti merek produk mereka dengan sebutan Wumii (tidak ada rahasia dalam bahasa Cina) pada bulan Mei setelah melakukan beberapa perbaikan pada produk. Dengan semua desas-desus tersebut, pengembang aplikasi Cina mulai melihat potensi bisnis aplikasi anonim.

Menyalin dari kehebohan yang dihasilkan oleh Whisper, Xiaosheng memungkinkan pengguna untuk dapat menggulir layar ke kanan atau ke kiri untuk melihat rahasia yang diterbitkan dan dapat menambahkan latar belakang gambar pada rahasia tersebut. Anda dapat menyusun rahasia pengguna lain dengan yang terbaru, terpopuler, atau berdasarkan lokasi mereka.

YY, sebuah platform penyiaran online yang mencoba untuk memperluas sektor vertikal lainnya, diluncurkan Simiquan pada tanggal 15 Mei. Mirip dengan pendahulunya dari Amerika, Secret, Simiquan mengharuskan pengguna untuk mendaftar dengan nomor telepon. YY adalah raksasa internet Cina pertama yang masuk ke dalam bidang ini.

Berbeda dengan aplikasi anonim lain yang berbagi rahasia tentang aspek negatif dari kehidupan, 10years.me mendekati permintaan berbagi-rahasia dari sudut yang berbeda. Platform ini mendorong pengguna, yang sebagian besar pemuda yang baru saja memulai karir mereka, berbagi mimpi masa depan mereka atau hidup seperti apa yang mereka inginkan dalam rentang 10 tahun lagi, sebab seseorang mungkin merasa malu untuk berbagi tujuan yang besar dan kuat mereka dalam jaringan sosial yang melibatkan lebih banyak kenalan dekat. Pengguna dapat mengatur tujuan atau mimpi di homepage yang diatur dalam jadwal.

Beberapa anggota inti dari audio aplikasi jejaring sosial Papa app digulirkan Hehe pada tanggal 21 Mei. Meskipun aplikasi tersebut berbagi fitur yang sama dengan aplikasi anonim lain, perusahaan mengklaim Hehe dapat menyaring desas-desus jahat yang disebabkan oleh algoritma.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Xu Chaojun, pendiri Papa, meluncurkan aplikasi serupa bernama Wuya. Setelah memasukkan aplikasi pengguna diharuskan untuk memberikan nama perusahaan Anda atau sekolah.

Tidak tersedianya layanan anonim asing seperti Secret dan Wihisper di Cina justru memberikan ruang untuk aplikasi klon versi China untuk tumbuh bebas. Tapi persaingan di pasar domestik akan menjadi lebih sengit dengan kedatangan Secret, yang telah meluncurkan Android versi China bulan Juni ini. Whisper, saingan Secret, telah menerima dana dari Tencent untuk  pembiayaan baru sepanjang bulan Mei ini.

Meskipun aplikasi berbagi-rahasia China, seperti Mimi telah melecut kontroversi karena pembajakan, kurangnya pemantauan pada isi, atau tuduhan untuk berubah menjadi tempat yang kurang sehat bagi orang-orang pinggiran, pertumbuhan mereka justru menunjukkan bahwa masih ada tuntutan besar di kalangan masyarakat untuk berbagi pesan anonim.•••

back to top