Menu

Temui Niice, Mesin Pencari Ide Kreatif

Temui Niice, Mesin Pencari Ide Kreatif

Niice, merupakan sebuah mesin pencari gambar yang dapat menginspirasi desainer untuk membuat ide rancangan asli mereka.

Niice resmi diluncurkan minggu ini dengan langganan bulanan berbayar untuk layanan premium. Fitur "moodboard" pada Niice mampu menyimpan semua gambar favorit Anda dalam satu tempat umum sehingga dapat berbagi dengan rekan-rekan Anda.

Tampilan Niice sudah rapi dan sesuai, terlepas apakah Anda seorang desainer atau tidak. Mesin pencari ini “mampu memproduksi sendiri hasil pencarian yang sulit ditemukan”, demikian dikatakan oleh Andrew Fulton, seorang pengembang bisnis startup dalam sebuah wawancara.

Selama pencarian akan ditemukan beberapa gambar yang mungkin akan mengejutkan Anda. Di lain sisi hasilnya juga bisa dianggap skeptis. Bisa jadi hasil pencarian hanyalah sebuah algoritma yang terkadang tidak tepat, yang terjadi adalah ternyata gambar-gambar yang membuat Anda tercengang itu justru menimbulkan pertanyaan tentang kesesuaian dengan relevansinya.

Meskipun begitu, Niice tetap menyenangkan untuk digunakan. Misalnya, jika Anda mencari kata "anjing," hasil pencarian akan menampilkan beberapa foto anjing, namun kebanyakan hasil yang terkait dengan anjing ditampilkan dalam cara yang lebih abstrak. Ada ilustrasi anjing dan hot dog, sampul buku dengan judul yang menampilkan kata "anjing" dan hal-hal acak lain, seperti foto sebotol wiski putih yang berjalan dengan nama "White Dog", peta judul film, bahkan termasuk gambar ”kolam untuk anjing"

Bila Anda menemukan sesuatu yang Anda sukai, Anda dapat menekan tanda plus di bagian atas gambar untuk menambahkannya ke dalam moodboard pribadi Anda. Berikan nama pada moodboard tersebut, tambahkan keterangan lalu Anda bebas untuk menempatkan gambar-gambar tersebut dalam urutan yang Anda sukai dengan cara ‘menyeret’nya. Putar gambar seperti Anda memutar gambar teman-teman Facebook Anda. Upload gambar ke moodboard dengan menyeret dan menjatuhkan gambar sesuai tempatnya, atau gunakan browser Chrome plugin untuk menambahkan gambar dari situs web.

Dari sana, Anda dapat berbagi moodboard tersebut. Berikan akses ke teman atau seseorang yang bekerja dengan Anda. Atau dapat pula men-download JPG yang berisi segala sesuatu pada moodboard tersebut.

Designer Chris Armstrong, yang sebelumnya bekerja pada Typecast, mulai bekerja pada Niice bersama dengan Pete Hawkins, seorang teman yang juga seorang pengembang dari Typecast tahun lalu. Armstrong sudah bosan menghabiskan waktu lama untuk mencari inspirasi di website yang gambarnya dikemas seperti Behance dan Designspiration atau bahkan dari situs yang hanya mengumpulkan gambar dari banyak sumber. "Google Images tidak mampu melakukan trik tersebut", kata Fulton. Daripada menghabiskan hampir satu jam mencari inspirasi setiap pagi, "saya hanya ingin mendapatakan hasil yang saya inginkan dengan lebih cepat," katanya lagi.

Sementara jaringan sosial dan situs lain bangga dengan lamanya orang menghabiskan waktu di situs mereka, ide pada Niice adalah untuk membantu orang menemukan hal-hal besar secepat mungkin. Tujuannya, Fulton mengatakan, adalah untuk mensasar "keseimbangan antara kesulitan pencarian dan efektivitas."

Beberapa orang akan berpikir tentang Pinterest ketika mereka bermain-main dengan Niice. Tapi Niice menarik sumber dari gambar yang dibuat untuk desainer, seperti situs web desain Dribbble. Dan Niice dapat melakukan hal tersebut dengan lebih tepat dan lebih rapi bagi para pelanggan desainer dari pada papan Pinterest pada umumnya.

Dan kini Niice dapat memiliki penghasilan pada saat banyak orang menggunakannya untuk bisnis (terlihat dengan adanya iklan di sana-sini). Untuk akun pro berbiaya 5 dolar AS per bulan dengan kemampuan meng-upload gambar dan tidak ada iklan, Anda dapat membuat sebanyak mungkin  moodboards yang Anda inginkan. Sedangkan untuk akun pro yang berbiaya 15 dolar AS per bulan, Anda mendapatkan lima akun pro dan semua orang akan mendapat akses ke streaming gambar pribadi mereka.

Niice berbasis di Belfast, Irlandia Utara. Sebanyak 525 ribu pengguna situs tidak memiliki akun, mereka hanya baru melakukan aktivitas pencarian saja. Situs ini menerima 11 ribu permintaan untuk dapat akses ke versi beta-nya. Dan ternyata tim Niice juga memiliki ambisi yang besar.

"Kami ingin Niice menjadi patokan utama dalam rancangan kerja sebuah tim desain dan diharapkan mampu menjadi pusat kreativitas”, jelas Fulton.

Langkah berikutnya adalah menambahkan cara untuk mengomentari gambar dalam moodboards dan menciptakan sarana untuk mengintegrasikan Niiice ke aplikasi lain, kata Fulton. Aneka sumber gambar lainnya juga sedang diusahakan oleh tim untuk semakin memperkaya Niice.•••

 

back to top