Menu

Box Android dengan Ruang Penyimpanan Gratis 10GB

Box Android dengan Ruang Penyimpanan Gratis 10GB

Box memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit file baru atau yang sudah ada, menyimpannya ke akun Box pengguna, dan membaginya dengan orang lain.

Tampilannya bisa menggunakan beberapa desain warna sederhana, tapi sangat fungsional dan memudahkan dalam navigasi.

Satu-satunya bagian yang hilang adalah pilihan unggah otomatis dalam pengaturan untuk menyimpan foto dan video dari perangkat Android ke akun Box pengguna. Fungsi tersebut dapat dilakukan, tetapi membutuhkan aplikasi sekunder (Photo Sync for Box). Aplikasi android serupa bernama Dropbox mempunyai fitur unggah photo otomatis dan merupakan fitur unggulan. Namun aplikasi Box dilengkapi dengan beberapa fasilitas kolaborasi lain yang tidak dimiliki oleh Dropbox.

Fitur dan Pengalaman
Aplikasi ini akan menampilkan semua folder dan file yang telah disimpan di akun Box pengguna. (Jika pengguna tidak memiliki akun Box, pengguna dapat membuatnya setelah menginstal aplikasi Box gratis).

Tampilan yang bersih dan minimal, meskipun warna, ikon, dan tipografi terlihat sedikit kuno. Aplikasi ini memberi pengguna akses ke semua file dan folder yang dibuat oleh pengguna pada perangkat lain yang telah terinstal Box di dalamnya. pengguna dapat melindungi data dengan menambahkan kode akses opsional untuk aplikasi Box (walaupun kadang lamban mengenali kode angka), dan pengguna dapat mengundang beberapa rekan untuk mengedit atau melihat file setiap saat. Pengaturan hak akses kontrol muncul ketika pengguna hendak mengundang rekan-rekan pengguna. Ada juga pilihan untuk mengirim link ke setiap folder, sub-folder, atau file dalam akun Box pengguna, dan di sini pengguna akan menemukan tingkat izin tambahan juga: publik atau kolaborator saja. Pilihan ketiga, "pribadi," memungkinkan pengguna menonaktifkan link jika pengguna berubah pikiran.

Box memberi pengguna beberapa cara untuk berkolaborasi dengan mudah meskipun menggunakan ponsel. Beberapa fitur favorit saya di aplikasi Box Android, diantaranya: kemampuan untuk menambah, melihat, dan mengedit komentar. Jika pengguna memiliki dokumen penting yang memerlukan umpan balik dari rekan, pengguna dapat berbagi file melalui Box, dan kolega pengguna bisa menambahkan komentar. Pada perangkat Android, pengguna dapat melihat bahwa komentar telah ditambahkan (balon percakapan menunjukkan jumlah komentar muncul) dan pengguna juga dapat menjawab dengan menambahkan komentar. Bagi orang yang sangat sibuk, Box dapat membuat berkolaborasi menjadi cepat, mudah, dan sangat efisien.

Jika pengguna memerlukan alat yang lebih dari sekedar komentar saat berkolaborasi, saat itulah pengguna membutuhkan sesuatu dari OneCloud, yang didalamnya terdapat daftar aplikasi yang didukung oleh Box. Pengguna dapat menemukan entri OneCloud di menu sebelah kiri dari tampilan aplikasi Box. Termasuk aplikasi seperti OfficeSuite Pro, yang dapat digunakan untuk mengedit dokumen kantor, dan mind-mapping dari aplikasi Mindjet Maps. Banyak pilihan aplikasi dalam OneCloud, menyediakan alat yang dibutuhkan untuk mengelola catatan, file CSV, dokumen yang ditandatangani, faks, dan hampir semua data bisnis lainnya. Namun tidak semua aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan gratis.

Seperti disebutkan, Box tidak memiliki fungsi unggah foto otomatis, dan itu setidaknya menjadi kekurangan. Alangkah lebih baik jika fungsi ini ditambahkan untuk versi selanjutnya. Salah satu fitur kecil lainnya yang ada di Dropbox tetapi tidak ada di Box adalah kemampuan untuk membuat file teks baru.

Harga
Pada tingkat yang paling dasar, akun Box pribadi gratis memberikan ruang penyimpanan 10GB dengan ukuran file unggah maksimal 250MB.

Untuk 10 dolar AS per bulan, pengguna dapat meningkatkan ruang penyimpanan sampai 100GB dengan ukuran file unggah maksimum 5GB, dengan fitur dan batasan masih sebagai akun Box pribadi.

Tingkat berikutnya adalah akun Starter, bagi orang-orang yang membutuhkan fitur yang lebih kolaboratif untuk mengelola sebuah tim atau proyek. Dengan biaya 5 dolar AS per bulan per pengguna dengan 100GB ruang penyimpanan. Akun Starter dan akun bisnis lainnya mendapatkan fitur lebih seperti kemampuan penguncian file dan pengaturan izin granular.

Small businesses Plan dikenakan biaya 15 dolar AS per pengguna setiap bulan untuk 1.000 GB ruang penyimpanan, ukuran file unggah maksimal 5GB, dengan beberapa fasilitas lainnya. Dan untuk Enterprise plan dikenakan biaya 35 dolar AS per pengguna setiap bulan dengan ruang penyimpanan tidak terbatas.•••

back to top