Menu

Max-M9 Pro dengan Port HDMI Out Besutan Pipo

Max-M9 Pro dengan Port HDMI Out Besutan Pipo

Perangkat Android murah Max-M9 Pro besutan produsen Cina bernama Pipo, boleh dicoba karena cukup menjanjikan keunggulan LCD.

Layar IPS yang sangat baik, LCD 10,1 inci 1920x1200 pixel, dengan ketajaman 224ppi, dan mempunyai sudut pandang yang lebar, termasuk langka di dunia tablet murah. Kapasitas penyimpanan yang dapat diperbesar dan menggunakan port HDMI out untuk konsumsi media. Desain dan fitur dalam ukuran layar cukup lapang 9,76x 6,85x0,43 inci (HWD) dan berat 1,28 pon. Body underwhelming, berupa lempengan persegi panjang non-descript dari bahan plastik dan beraksen logam.

Dipersenjatai slot kartu microSD, 3.5mm headphone jack, port micro USB , port mini HDMI, port daya DC, tombol Power, dan tombol Back untuk navigasi Android. Kontras tampilan Max-M9 Pro termasuk baik, meskipun warna tampak agak terlalu diredam dan kecerahan maksimum tidak cukup terang, terutama dengan penggunaan panel kaca yang terlalu reflektif.

Meski kinerja termasuk biasa-biasa saja tapi didampingi penggunaan jaringan Wi-Fi, hingga dapat terhubung ke jaringan 802.11b/g/n pada band 2.4GHz. Dilengkapi juga dengan Bluetooth 4.0, yang dapat digunakan dengan bluetooth headset untuk audio streaming. Didukung oleh 1.6GHz quad-core Rockchip RK3188 Cortex A9 dengan RAM 2GB. Kinerja setara dengan chip menengah ke bawah, dengan skor benchmark hampir sama dengan Snapdragon 400.

Hal umum lainnya bekerja cukup lancar, sementara game seperti Asphalt 8 masih dapat dimainkan. Menggunakan OS Android 4.2.2 dengan menawarkan dua pengalaman berbeda, yaitu dengan pilihan Stock Launcher (launcher standar android) dan Pipo Family Launcher. Sebagai saran, jangan gunakan Pipo Family Launcher, karena menampilkan widget berwarna cerah dalam susunan ubin (tile) yang kurang responsif. 

Adanya fitur multi-window yang memungkinkan Pengguna menjalankan hingga empat aplikasi secara bersamaan. Mengaktifkan multi-window memungkinkan pengguna mengecilkan setiap aplikasi berjalan ke jendela kecil yang dapat diubah ukurannya menjadi seperempat atau setengah layar. Ditambah tempat penyimpanan internal 32GB. Ada beberapa aplikasi preloaded, termasuk berbagai macam permainan anak-anak yang dapat dihapus oleh pengguna.

Dalam uji daya tahan baterai, dengan memutar video terus-menerus pada kecerahan layar maksimum dan W-Fi dihidupkan, M9 mampu bertahan selama 4 jam, 39 menit. Kamera belakang 5 MP dan kamera depan 2 MP. Resolusi video mencapai 720p.

Kesimpulannya Pipo Max-M9 Pro termasuk tablet Android kelas menengah yang biasa saja, namun memiliki keunggulan ada pada LCD yang berkualitas tinggi dan mempunyai kinerja yang relatif cukup baik untuk menonton film dan browsing Web.•••

back to top