Menu

Osmo: Berkelit dari Potongan Rabat Apple

Osmo: Berkelit dari Potongan Rabat Apple

Osmo menjual permainan fisik langsung ke konsumen, melewati upaya Apple untuk mengambil potongan dari pendapatannya. Pada saat pengembang permainan indie lain meratapi ketidakmungkinan untuk menghasilkan video game yang menguntungkan, perusahaan baru yang bernama Tangible Play mungkin telah menemukan jawaban.

Perusahaan yang didirikan oleh Pramod Sharma, seorang veteran dari Google, dan Jérôme Scholler, sebelumnya dengan LucasArts, telah meluncurkan cara sendiri untuk menghasilkan sistem permainan iPad bernama Osmo yang membutuhkan komponen fisik.

Gartner meramalkan bahwa pada bulan Januari tahun 2018, "kurang dari 0,01% aplikasi mobile akan dianggap sukses finansial oleh pengembangnya." Tetapi kebanyakan orang akan membayar untuk barang fisik, terutama produk yang dapat mendorong anak-anak dalam menggunakan perangkat mobile untuk berinteraksi dengan dunia nyata.

Osmo terdiri dari tiga komponen: cermin yang terpasang di atas kamera depan iPad yang menghadap ke permukaan tablet pendukung dan dua set potongan permainan (potongan blok bentuk alfabet). Sistem permainan ini akan mendukung tiga aplikasi (Newton, Words, dan Tangram) yang akan tersedia gratis di Apple App Store.

Aplikasi ini dirancang untuk menginteraksikan potongan permainan fisik dengan lingkungan game virtual, dengan cara memindahkan blok yang kemudian tertampil di layar. Pendekatan jenius Tangible Play adalah dengan tidak membiarkan Apple mendapatkan potongan dari keuntungan mereka.

Apple memberitahukan kepada perusahaan-perusahaan yang tertarik untuk membuat komponen perangkat keras tertentu yang terhubung ke perangkat iOS harus melalui program lisensi hardware MiFi dari Apple. Perusahaan tersebut harus membayar royalti kepada Apple dan harus mematuhi perjanjian tak tertulis.

Perusahaan yang ingin membuat peripheral iOS tanpa harus membayar royalti pada Apple, mempunyai beberapa pilihan. Mereka dapat membuat produk audio tertentu yang terhubung melalui jack headphone. Apple tidak mengontrol aliran audio analog ke atau dari perangkat iOS. Mereka juga dapat membuat perangkat keras Bluetooth. Bluetooth tidak termasuk kedalam lisensi MiFi sejak tahun 2011.

Osmo tersedia untuk pre-order dengan harga 49 dolar AS selama masa promosi dan 99 dolar AS setelah masa promosi berakhir.•••

back to top