Menu

Split-Screen iOS 8 Menunjukan Ambisi iPad

Split-Screen iOS 8 Menunjukan Ambisi iPad

Benarkah Apple akan meluncurkan fitur split-screen untuk iPad iOS8 di tahun ini? Memiringkan tampilan tablet layaknya berfungsi seperti PC dan meniru fitur inti dari tablet Microsoft Windows 8.

"Ini nyaris tidak masuk akal," setidaknya demikian kata Gottheil analis Technology Business Research"Dua aplikasi (pada layar dalam saat yang sama) sedikit menyulitkan, apalagi dalam kesederhanaan iPad dan orang-orang sudah terbiasa dengan multi-tasking. Dan ini adalah perjalanan Apple untuk sementara waktu. Pertama, mereka tidak memiliki multi-tasking, kemudian memiliki multi-tasking namun terbatas." tambahnya.

Apple memperkenalkan multi-tasking terbatas pada tahun 2010 dengan IOS 4, kemudian fungsi tersebut diperluas untuk aplikasi yang memenuhi syarat (iOS 5, 2011) sebelum memberikannya ke semua aplikasi (iOS 7, 2013).Tapi iOS tidak mengizinkan dua aplikasi ditampilkan secara bersamaan dalam satu layar, sekedar untuk copy/paste atau memungkinkan beberapa aplikasi untuk berinteraksi satu sama lain. Sebaliknya, setiap aplikasi akan muncul dalam modus layar penuh dengan interaksi kaku dan terbatas.

Apple akan mengungkap iOS 8, memperlihatkan beberapa fitur baru dan memberikan kode pratinjau pengembang terdaftar pada tanggal 2 Juni, bertepatan dengan hari pembukaan Konferensi Perusahaan Pengembang Worldwide. Melihat praktek sebelumnya, kemungkinan akan diumumkan pada bulan September, atau bahkan mungkin akhir Agustus.

Split-screen pada iPad juga sejalan dengan gerakan lain Apple yang kemungkinan dibuat dalam waktu dekat, kata analis.

"Pasar konsumen untuk tablet memuncak dan tumbuh dalam dunia bisnis," kata Bob O'Donnell, analis utama Technalysis Research. "Permintaan akan multi-tasking dan multi-aplikasi secara signifikan lebih tinggi untuk bisnis daripada bagi konsumen umum. Jadi saya tidak akan terkejut jika Apple melakukan hal itu, karena akan menjadi cerminan pertumbuhan tablet kedepannya."

Analis, baik dari industri teknologi maupun jalanan, telah menunjukkan perlambatan penjualan iPad akhir-akhir ini dan dalam berbagai tingkat menyimpulkan bahwa perjalanan Apple mungkin bisa berakhir dengan adanya tablet-tablet Android murah yang mulai mendominasi pasar.•••

back to top