Menu

Memilih Internet Security Suite untuk UKM

Memilih Internet Security Suite untuk UKM

Solusi keamanan dan perlindungan internet untuk UKM haruslah memberikan banyak kemudahan. Mudah untuk menginstal dan minimal masalah setelah instalasi dan jaminan dukungan pembaruan. Setelah itu barulah perkara kemampuan. Tidak semua produk mampu memberikan solusi yang bervariasi. Apalagi jika menyangkut banyak perangkat yang memerlukan akses internet.

Maka perhatikan apakah produk tersebut menyertakan spesifikasi perangkat keras lengkap dengan ulasan yang tidak menyesatkan. Untuk membantu Anda menemukan solusi keamanan dan perlindungan untuk UKM yang kompatibel, ada beberapa hal dari perangkat keras yang seharusnya Anda perhatikan:

Core Security
Bandingkan fitur keamanan inti dan pertimbangkan berbagai nilai hasil tes pihak ketiga untuk produk atau antivirus mereka. Cermati unsur-unsur keamanan termasuk perlindungan internet, kemampuan untuk mendeteksi dan menghapus malware, firewall atau jaringan/perlindungan perangkat nirkabel (Wi-Fi), dan perlindungan email. Evaluasi juga, apakah suite keamanan memberikan perlindungan terhadap media sosial, chatting/IM, pengunduhan, dan pengunggahan konten berbahaya.

Management Tools
Apakah semua fitur perangkat lunak tersebut dapat mengontrol dan melindungi keamanan perangkat seperti PC, Mac, server dan perangkat mobile? Ini juga harus diperhatikan. Dashboard pengelolaan yang baik memungkinkan Anda memantau aktivitas keamanan, memonitor status lisensi, mengatur jadwal scaning, dan mengelola pembaruan (update). Pastikan juga fitur produk tersebut dapat mengontrol akses internet pengguna, memblokir/memberikan akses terhadap aplikasi baru. Yang lebih penting lagi adalah dapat mencegah pencurian data dari jarak jauh (remote system), laptop dan ponsel.

Penggunaan Sumber Daya
Keluhan umum tentang perangkat lunak keamanan adalah memperlambat kinerja dan mengganggu sistem operasi. Ketika ini terjadi, biasanya manajer TI Anda akan menjadi kerepotan, dan karyawan tergoda untuk menonaktifkan atau mematikan perangkat lunak keamanan yang telah ditanam. Maka lakukanlah beberapa tes perbandingan kinerja untuk menentukan berapa banyak produk-produk keamanan mana yang mungkin memperlambat kinerja. Namun perlu diingat bahwa sistem baru akan terlihat lambat karena faktor penyesuaian dengan kemampuan perangkat keras Anda.

Kemudahan Instalasi
Kebanyakan pemilik UKM tidak spesialis IT. Artinya memerlukan cara pengaturan dan instalasi yang sederhana. Cara pengelolaan yang tidak berbenturan dengan sistem operasi yang telah berjalan. Maka perangkat lunak keamanan yang baik juga menyediakan langsung, petunjuk instalasi sistematis.

Fitur Tambahan
Pastikan selalu tersedia fitur tambahan. Fitur tambahan termasuk kemampuan untuk mengenkripsi file, alat untuk menghapus file dan alat backup data. Menambahkan fitur tambahan seperti itu, dapat membantu meminimalkan kehilangan data dan mencegah kebocoran informasi sensitif.•••

 

 

 

back to top