Menu

Google dan Facebook Bekerjasama Bangun Koneksi Langsung ke Asia

Google dan Facebook Bekerjasama Bangun Koneksi Langsung ke Asia

Google dan Facebook berencana mempercepat koneksi mereka ke Hong Kong. Menurut sebuah pengumuman, kedua raksasa internet itu sudah membentuk team kerjasama dengan Pacific Light Data Communications Company dan TE SubCom untuk membangun sebuah koneksi langsung bawah laut pertama antara Los Angeles dan Hong Kong.

Saat proyek ini selesai pada 2018 nanti, 8.000 mil (12.800 km) Pacific Light Cable Network akan melesatkan 120 terabit data per detik antara kedua kota itu dan memperluas jangkauan kedua perusahaan itu secara besar-besaran di Asia.  

Direktur infrastruktur jaringan Google Brian Quigley menjelaskan bahwa kapasitas data sebesar itu akan mengalahkan rekor trans-Pasifik sebelumnya dan member PLCN kapasitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan 80 juta orang di Hong Kong untuk melakukan HD video call dengan Los Angeles di satu waktu yang sama. Jaringan ini juga menyediakan Google Cloud Platform – yang menggerakkan layanan-layanan seperti Spotify dan sebagian iCloud—tulang punggung jaringan terbesar di antara semua penyedia layanan cloud.

Di tingkat pengguna, jaringan kabel baru ini akan mendongkrak daya tanggap pada aplikasi-aplikasi G Suite Google bagi para pengguna di matra Asia-Pasifik, tetapi implikasi lebih luasnya adalah bahwa koneksi yang  lebih cepat ini akan memberi kedua perusahaan ini pijakan yang lebih kuat lagi di benua ini dan membuka pintu ke lebih banyak negara-negara berkembang.•••

back to top