Menu

Akuisisi Tuplejump, Pertajam Obsesi Apple Beroperasi di Beragam Platform

Akuisisi Tuplejump, Pertajam Obsesi Apple Beroperasi di Beragam Platform

Apple membenarkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi Tuplejump, sebuah startup kecil yang mengembangkan software yang dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menyimpan, memproses, menganalisis, dan memvisualisasikan data.

“Dari waktu ke waktu Apple membeli perusahaan-perusahaan teknologi yang lebih kecil, dan pada umumnya kami tidak membicarakan tujuan atau rencana-rencana,” kata seorang jurubicara Apple kepada VentureBeat dalam sebuah email. 

Selain mengembangkan platform itu, team ini juga mahir dalam hal alat-alat data besar bersumber-terbuka seperti mesin pengolah-data Apache Spark, pusat data NoSQL , dan sistem perpesanan-langganan Apache Kafka.  

Tuplejump juga mengembangkan sebuah sistem indexing pencarian bersumber-terbuka yang disebut Stargte yang bekerja dengan data yang disimpan di Cassandra dan mengandalkan pada dasar-dasar software pencarian teks-lengkap Apache Lucene. Semakin banyak saja keahlian dan teknologi yang dapat membantu Apple beroperasi di beragam platform, termasuk iOS dan macOS.

Kesepakatan itu dicapai sebulan setelah Apple membenarkan bahwa pihaknya mengkuisisi Turi, sebuah startup pembelajaran mesin.

Tuplejump didirikan pada 2013 dan berbasis di Hyderabad. Pada bulan Mei lalu Apple membuka sebuah kantor pengembangn di Hyderabad, dengan fokus spesifik pada Apple Maps. Tidak jelas berapa jumlah konsumen pengguna startup ini.•••

back to top