Menu

Yang Tak Bakal Luput di Ajang IFA 2016?

Yang Tak Bakal Luput di Ajang IFA 2016?

IFA 2016, sebuah pameran dagang perkomputeran tahunan yang biasa digelar di Berlin, adalah salah satu di antara tanggal-tanggal yang paling ditunggu-tunggu dalam hal peluncuran produk-produk baru.

Event yang digelar September ini, membawa sejumlah prediksi produk baru yang layak disimak, antara lain berikut ini: 

Samsung
Semua orang tahu Samsung adalah nama terbesar di bidang mobile yang akan tampil di IFA (Apple, seperti biasanya, menganggap event ini tak berarti). Mungkin Samsung sudah selesai merilis smartphone-smartphone untuk tahun ini, karena kita sudah punya Galaxy S7, Galaxy S7 Active, Note 7, dan produk-produk lain yang bisa diciptakan oleh para perekayasa dari R&D.

Jadi, di IFA bisa kita tebak akan banyak wearable baru. Smartwatch Gear S3 seharusnya sudah dirilis pada 31 Agustus lalu, menurut kabar yang beredar. Versi terbaru smartwatch Samsung Tizen sepertinya akan menjadi salah satu smartwatch terbaik di tahun depan. Versi yang  lalu menjadi hit. Dengan desas-desus akan diluncurkannya Apple Watch tak lama lagi, Gear S3 bisa jadi wearable paling penting untuk sementara ini.   

Motorola
Motorola sudah meluncurkan Moto Z awal tahun ini, tetapi penyebarannya ke seluruh dunia dijanjikan baru akan dimulai September ini. Kabarnya, lebih banyak lagi Moto mod akan diluncurkan, termasuk kamera Hasselblad.

Lenovo
Semntara itu, Lenovo, perusahaan induk Moto, juga akan memamerkan produk-produk barunya di IFA. Akan ada sejumlah tablet dan laptop, mungkin termasuk Yoga Book yang sudah lama dirumorkan itu, sebuah tablet Android yang berpadu dengan Surface Book. Tablet-tablet dan laptop-laptop lainnya, dan barangkali juga sebuah ponsel baru bertajuk Project Tango juga sepertinya akan dipajang.

Huawei
Super-pabrikan ponsel China Huawei baru saja mengumumkan smartphone Honor 8 untuk pasar AS, tetapi bisa dipastikan kita akan melihat produk-produk baru yang lebih moncer di IFA. Tablet-tablet (dan mungkin juga lebih banyak laptop) sudah bisa dipastikan hadir, tetapi juga tertarik memproduksi VR dan wearable. Dengan adanya platform Project Daydream VR yang dirancang Google untuk diluncurkan pada musim gugur tahun ini, sepertinya VR headset (dn mungkin juga ponsel atau tablet yang kompatibel dengan VR) sudah disiapkan oleh Huawei. 

Asus
Asus menjanjikan sebuah “Zenvolution” yang kedengarannya seperti cara mempromosikan Zenfone baru (atau derivate-derivatnya), dan mungkin juga wearable baru  di bawah brand Zen. Edisi-edisi Zenfone sebelumnya adalah alternatif-alternatif Android dengan harga yang cukup terjangkau. 

Sony
Sony sudah mengumumkan flagship Xperia X-nya, kendati selalu saja ada kemungkinan kita akan melihat sebuah versi baru yang lebih berorientasi pada performa. Lebih serunya lagi, Xperia X Compact juga dikabarkan akan diluncurkan. Mengingat luasnya lini produk Sony, sangat mungkin peluncuran ini juga dibarengi dengan semua jenis barang-barang elektronik konsumen lainnya. Satu yang mungkin tidak akan kita lihat adalah semua yang berkaitan dengan Playstation, karena sudah ada pengumuman terpisah untuk produk yang satu itu.••• 

back to top