Menu

Sepatu Adidas Hasil Cetak 3D, Bakal Jadi Hadiah bagi Pemenang Medali Olimpiade

Sepatu Adidas Hasil Cetak 3D, Bakal Jadi Hadiah bagi Pemenang Medali Olimpiade

Terlalu dini untuk mengatakan apakah alaskaki cetakan-3D akan menjadi lebih dari sekedar promosi.

Toh, orang tetap layak menghargai brand-brand sportswear yang telah berusaha mencoba menciptakan sesuatu yang baru, bahkan sekalipun cetakan 3D baru digunakan untuk membuat prototipe-prototipe sol luar sepatu saja. Tahun lalu, Adidas mulai menunjukkan potensi teknologi ini dengan konsep-konsep seperti Futurecraft 3D, sepatu lari yang sebagian dibuat dengan bahan-bahan yang dicetak dengan printer 3D.

Dan kini perusahaan itu melangkah lebih jauh lagi: Adidas menciptakan sepasang sepatu siap-pakai untuk atlet-atlet yang disponsorinya pada Olimpiade Rio 2016. Seperti tersirat dalam namanya, ‘3D-printed Winners Shoe” hanya diperuntukkan bagi mereka yang berhasil meraih medali di Olimpiade di Brazil itu.

Tak seperti siluet Futurecraft 3D beberapa bulan yang lalu, yang satu ini menampilkan bagian tas Primeknit berwarna hitam dan sol tengah cetakan-3D. Bantalan heel-nya juga cetakan-3D, sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Dengan menyatukan bantalan heel dengan sol-tengah, menurut Adidas proses pengelemen atau penjahitan yang biasa ada untuk menyatukan berbagai bagian dalam desain dapat dihindari.

Yang terpenting, menurut Adidas, 3D-printed Winners Shoe ini sudah diuji sepenuhnya dan disetujui untuk digunakan. Ya, Anda bisa memakainya tanpa khawatir sepatu ini akan nyoplok sebelum dipakai menapak di tanah. 

Adidas tidak memaparkan detil-detil model khusus konsumen, tetapi diharapkan masyarakat umum juga bisa segera memiliki sepatu-sepatu ini.•••

back to top