Menu

Pengaruh Besar Apple dalam 'Membunuh' Emoji Senapan

Pengaruh Besar Apple dalam 'Membunuh' Emoji Senapan

Setiap tahun, organisasi pengawas emoji Unicode memutuskan emoji baru apa saja yang akan masuk ke dalam koleksi yang sudah berlaku. Ada emoji senapan pada daftar yang diajukan pada tahun 2016, tetapi berkat pengaruh Apple yang cukup besar, usulan itu dibatalkan. 

Sebuah laporan dari Buzzfeed menceritakan secara detil kisah di balik emoji senapan semi-otomatis yang gagal diajukan itu. Menurut artikel itu, emoji senapan itu sudah masuk ke proses encoding—dan bahkan sudah masuk ke pratinjau pengembang Android N, seperti tampak pada gambar di atas—ketika Apple mendesak untuk membuangnya.   

Apple adalah anggota terbesar organisasi Unicode, yg memiliki sebuah platform yang digunakan oleh milyaran orang, dan setelah perseteruannya dengan FBI, menjadi salah satu di antara wajah-wajah paling umum dalam aplikasi-aplikasi perpesanan. Akibatnya, Apple memiliki pengaruh yang signifikan terhadap badan Unicode, dan menurut Buzzfeed  Apple berusaha ‘membunuh’ emoji senapan semi-otomatis itu, meski sudah masuk dalam proses encoding untuk Unicode 9.0 yang akan dirilis Juni ini. Alasannya, Apple, juga Microsoft, tidak mau mendukung keberadaan emoji itu di platformnya, karena “akan membuat orang jadi akrab dengan citra senjata, sesuatu yang tidak baik”.

Kontroversi seputar emoji itu sendiri bisa dibilang kecil, tetapi menarik untuk mencermati bahwa bahkan emoji, sesuatu yang menjadi standar universal, pada akhirnya tak lepas dari politik. Tahun lalu, misalnya emoji menyediakan warna untuk semua kulit, dan kini terkait dengan konsep persenjataan.••• 

back to top