Menu

Microsoft Kalahkan Google, Intel, Tencent, dan Qualcomm

Microsoft Kalahkan Google, Intel, Tencent, dan Qualcomm

Microsoft Research berhasil merebut tempat pertama untuk beberapa kategori dalam kompetisi pengenalan gambar tahunan keenam yang digelar oleh ImageNet.

Teknologi dari Microsoft mampu mengungguli sistem-sistem dari Google, Intel, Qualcomm, dan Tencent, juga entri-entri dari kalangan debutan dan lab-lab akademik. 

Jawara sistem yang dibuat oleh para peneliti Microsoft Kaiming He, Xiangyu Zhang, Shaoqing Ren, dan Jian Sun ini dinamai “Deep Residual Learning for Image Recognition” dan akan dipaparkan secara terinci dalam sebuah makalah yang akan segera hadir, demikian menurut laporan dari sebuah post di blog Microsoft. 

Teknologi ini jadi mengemuka sebagian karena kompleksitasnya, dan area riset ini sudah menjadi sangat populer di kalangan perusahaan-perusahaan teknologi, yang berusaha memperbaiki sistem-sistem internal mereka sendiri selain produk-produk final mereka. Kategori deep learning, yang merupakan inti dari jaringan-jaringan yang berkinerja luarbiasa ini, meliputi langkah melatih jejaring neural buatan pada seperangkat besar data, seperti  gambar-gambar foto, dan selanjutnya memaparnya dengan data baru untuk menarik penafsiran dan kesimpulan.  

Tingkat kesalahan teknologi Microsoft dalam mengenali gambar hanya mencapai 3,5 persen dengan tingkat kesalahan lokalisasi hanya 9 persen, menyingkirkan capaian jawara-jawara tahun lalu, yaitu Googlw, Clarifai, dan NEC. 

Tahun ini, sistem Microsoft ciptaan He, Zhang, Ren, dan Sun juga tampil sebagai juara untuk kompetisi ImageNet dalam kategori deteksi objek.•••

back to top