Menu

Kebijakan Privasi Windows 10 Baru dari Microsoft Jawab Beberapa Masalah Pengguna

Kebijakan Privasi Windows 10 Baru dari Microsoft Jawab Beberapa Masalah Pengguna

Meski histerianya sudah tak terdengar lagi pada bulan-bulan sejak peluncuran Windows 10, para pengguna PC masih memiliki sejumlah keluhan tentang bagaimana Microsoft menggunakan data yang diperolehnya dari komputer mereka.

Sayangnya, Microsoft belum banyak berbuat untuk mengatasi keluhan-keluhan ini, tetapi sebuah update kebijakan privasi membuktikan bahwa setidaknya perusahaan itu memperhatikan keluhan konsumennya.   

Awal pekan ini Ed Bott dari ZDNet menemukan bahwa Pernyataan Privasi Microsot terakhir kali di update pada bulan Oktober lalu, tanpa banyak gembar-gembor. Dibandingkan dengan pernyataan perusahaan itu pada versi privasi sebelumnya, Bott menemukan beberapa perubahan berarti.  

Secara umum, tampaknya Microsoft ingin menegaskan bahwa pihaknya tidak memata-matai penggunanya, betapapun banyaknya laporan yang mengatakan sebaliknya. Misalnya, pada bagian ‘Content’ di bawah header ‘Personal Data We Collect,’ ada tambahan penjelasan tentang mengapa Microsoft perlu melihat email-email yang Anda terima di Outlook, yaitu agar “bisa mengirimnya ke kotak masuk Anda, memungkinkan Anda membalasnya, dan menyimpannya hingga Anda memutuskan untuk menghapusnya”.  

Pada bagian lain, Microsoft juga menjamin bahwa pihaknya “tidak menggunakan kunci-kunci pemulihan individual Anda untuk tujuan apapun”, bahkan meskipun perusahaan itu mencadangkan kunci itu secara online di dalam akun OneDrive “personal” Anda (syarat tambahan).  

Di bawah ‘How We Use Personal Data,’ Microsoft menuliskan beberapa poin baru, menjelaskan bahwa data bisa saja digunakan untuk membantu konsumen mendukung agen-agen dalam mendiagnosis masalah dan untuk mengaktifkan software dan piranti.  

Selain semua perubahan dan penambahan ini, Anda juga bisa temukan beberapa bagian baru, paragraph, dan butir-butir kebijakan baru lainnya sehubungan dengan Cortana, layanan kesehatan Microsoft Health dan layanan usaha Enterprise.•••

back to top