Menu

Toshiba Segera Jual Bisnis Sensor Gambar ke Sony?

Toshiba Segera Jual Bisnis Sensor Gambar ke Sony?

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa sesungguhnya Toshiba memproduksi sensor-sensor gambar yang ditempatkan di dalam kamera-kamera digital dan smartphone.

Hingga saat ini, brand yang satu ini lebih terkenal dengan solusi-solusi penyimpanan data dan produksi notebook, ketimbang bisnis sensor gambarnya. Untuk memenuhi tujuannya, Toshiba mungkin akan menjual bisnis sensor gambar ini ke Sony, pemilik sensor-sensor CMOS, setelah diguncang skandal akuntansi yang praktis mencegahnya melakukan restrukturisasi dan menyelamatkan bisnisnya. 

Beberapa sumber mengatakan bahwa Toshiba sudah dalam tahap akhir pembicaraan untuk menjual bisnisnya yang sakit itu kepada Sony senilai 20 milyar yen, atau sekitar USD163 juta. Sony akan mengambil alih fasilitas produksi Toshiba di Oita di Jepang selatan, juga sejumlah pekerja dan akun-akun konsumen, termasuk beberapa pembuat mobil dan pembuat smartphone.

Langkah ini akan semakin membakukan posisi Sony di pasar sensor gambar. Meski sedikit bermasalah di sebagian bisnis-bisnisnya, seperti divisi piranti mobile, tetapi divisi CMOS Sony mengalami pertumbuhan substansial juga peningkatan pendapatan. Dengan label Sony Semiconductor Solutions, anak perusahaan ini akan fokus membangun kembali kerajaan bisnis Sony, khususnya di lini smartphone. •••

back to top