Menu

Masih Mengantri Update Android 6.0 Marshmallow?

Masih Mengantri Update Android 6.0 Marshmallow?

Sejak Senin siang, 5 Oktober lalu, Android 6.0 Marshmallow mulai meluncurkan update OTA-nya.

Artinya, smartphone-smartphone yang sudah Google tandai untuk mendapatkan update ini akan menerima notifikasi bahwa software mereka sudah siap, dan bahwa mereka sudah bisa mengunduh dan memuat software ini secepat yang mereka mau. Seperti halnya dengan semua update sistem operasi Android, pertama dan utamanya, software ini segera hadir untuk smartphone-smartphone Nexus milik Google sendiri.  

Piranti-piranti pertama yang akan muncul dengan Android 6.0 adalah Google Nexus 5X dan Nexus 6P, keduanya bahkan belum diluncurkan ke pasaran saat tulisan ini dipublikasikan. Kedua deret piranti ini masih dalam fase pre-order melalui Google di AS dan akan dijual melalui carrier-carrier di seluruh dunia dalam beberapa pekan ke depan.  

Smartphone Nexus pertama yang akan mendapat update ke Android 6.0 Marshmallow ini adalah Nexus 5 dan Nexus 6. Nexus 5 adalah smartphone Nexus produksi LG, sedangkan Nexus 6 adalah piranti besutan Motorola. Tablet Nexus 7 (2013) dari ASUS juga sudah mendapatkan update yang sama beberapa hari lalu, begitu juga Nexus 9 bikinan HTC.

Nexus Player adalah piranti TV Android pertama yang mendapatkan update ini  hampir dua pekan lalu. 

Sekitar tiga pekan lalu Google sudah mengingatkan publik bahwa tidak semua smartphone dan tablet serta TV Android akan mendapat update di waktu yang sama.••• 

back to top