Menu

Drone Bawah Air: OpenROV Trident

Drone Bawah Air: OpenROV Trident

OpenROV baru saja memperkenalkan sebuah drone bawah-air baru yang dirancang untuk penggunaan sehari-hari oleh orang-orang yang hanya ingin melihat-lihat ke kedalaman laut atau danau tanpa ingin mengumpulkan banyak data penelitian.

Drone ini dinamai Trident dan memiliki banyak kelebihan: cepat, portabel, lincah, dan harganya kurang lebih sama dengan harga drone udara. Kata pembuatnya, OpenROV Trident cukup lincah untuk ‘terbang’ di bawah permukaan air.  

OpenRV sudah lama mengerjakan sejumlah robot bawah-air. Trident adalah kreasi terbarunya dan sudah memulai debut publiknya sejak awal pekan lalu. Drone bawah-air ini dihubungkan ke operator melalui sebuah tether kabel kuning—kabel ini dilengkapi dengan lampu-lampu LED terintegrasi. Alat ini bisa dikendalikan ke segala arah, dengan kecepatan yang bisa diatur.  

Tether kabel itu mengirimkan video kepada operator karena kamera-kamera yang terpasang pada drone, sedangkan thruster-thruster-nya mengendalikan gerakan drone. Satu unitnya akan dilengkapi dengan tether kabel sepanjang 25 meter, tetapi OpenROV berencana menawarkan tether-tether yang lebih panjang dan menjualnya terpisah. Kecepatan piranti ini bisa mencapai 2m/detik dan dapat bekerja selama 3 jam sekali pengisian baterei.  

Piranti yang rencananya akan diluncurkan pada November mendatang ini akan dibanderol seharga USD1.199.•••

back to top