Menu

Beterei Transparan Bertenaga Surya

Beterei Transparan Bertenaga Surya

Ingat ponsel-ponsel transparan milik Iron Man? Mungkin tak lama lagi itu akan benar-benar hadir di dunia nyata berkat sebuah tipe baterei baru yang luarbiasa yang tidak hanya transparan tetapi juga bertenaga surya.

Ke depan, teknologi ini juga dapat digunakan untuk produk-produk lain, seperti jendela-jendela cerdas di rumah dan kantor-kantor yang memungkinkan sinar matahari menembusnya, kemudian mengisi ulang dan menyimpan energi dari panasnya.  

Dikembangkan oleh sebuah team yang terdiri dari dari para peneliti di Kogakuin Univeristy, baterei ion lithium ini tidak sepenuhnya transparan, karena ia berisi senyawa-senyawa bkimia yang sama dengan yang ada pada baterei pada umumnya. Meski tetap transaparan, saat dipapar sinar matahari, baterei ini berubah warna, mengalirkan 70% cahaya. Semua elektrodanya juga diperkecil hingga 80-90nm, sehingga cahaya bisa menembus masuk. 

Team ini sudah mengerjakannya selama hampir empat tahun sejak para peneliti di Stanford menemukan konsep baterei tembus pandang yang juga bisa dilengkungkan. Sebuah prototipe yang nyaris transparan diumumkan dua tahun lalu dengan sebuah panel tenaga surya terpisah, kemudian mereka mulai bekerja untuk menyatukan keduanya pada baterei.  

Teknologi ini sudah dipamerkan di Innovation Japan, Jepang, awal bulan lalu, tetapi belum jelas kapan akan mulai digunakan dalam produk-produk komersial.•••

back to top