Menu

Pratinjau SharePoint Server 2016 IT dengan Pencarian Hybrid Cloud

Pratinjau SharePoint Server 2016 IT dengan Pencarian Hybrid Cloud

Microsoft beberapa hari lalu mengumumkan sudah tersedianya Pratinjau IT untuk SharePoint Server 2016-nya, sebuah software untuk berbagi dokumen dan kolaborasi untuk digunakan di pusat-pusat data perusahaan. 

Update-update yang diluncurkan meliputi sebuah ruang penyimpanan baru maksimum 10GB untuk file-file yang diunggah pengguna, sebuah peluncur aplikasi baru, sebuah mekanisme file-sharing yang lebih sederhana, dan sebuah  alat yang mencegah pengguna dari mengirim dokumen-dokumen tertentu di luar SharePoint selama satu periode tertentu.

Tetapi bagian yang barangkali paling menarik dari software ini adalah dimasukkannya sebuah fitur yang disebut cloud hybrid search. Kini, ketika pengguna mencari di Office 365, hasil-hasil pencarian menampilkan file-file dari Office 365 dan SharePoint lengkap dengan peringkatan relevansi pencariannya. Indeks pencarian (search index)nya sendiri ditempatkan di Office 365. Fitur baru yang mengangkat konten ke Office Delve ini juga bisa bekerja di SharePoint 2007, 2010, dan 2013. 

Meski tak terlalu mendapat promosi headline seperti layanan murni-cloud seperti Box, Dropbox, dan Google Drive, tetapi sebagai salah satu aplikasi Microsoft Office yang memiliki fokus komersial, SharePoint menjadi sumber pendapatan utama Microsoft di samping Windows. Pemasukan Microsoft dari commercial licensing, di mana SharePoint menjadi salah satu bagiannya, mencapai USD 41 milyar untuk perusahaan itu pada tahun fiskal 2015, yang berakhir Juni lalu.•••  

back to top