Menu

Seputar Backup Foto di Google Drive yang Penting Anda Tahu

Seputar Backup Foto di Google Drive yang Penting Anda Tahu

Belum lama berselang, Google menyatakan bahwa Drive akan berfungsi juga sebagai backup point otomatis untuk foto-foto Anda. Meski pengumuman itu disambut gembira, layanan itu sendiri tak siap pada waktunya, membuat tab ‘Google Photos’ baru di Drive tidur panjang.

Para pengguna mulai melihat auto backup pop up untuk Android maupun iOS, tetapi ada beberapa kerutan menarik yang mungkin tak banyak diperhatikan orang. Alih-alih membiarkan Anda berusaha memahaminya sedniri (dan mungkin jadi menghapus gambar-gambar Anda karena ketidaktahuan Anda), kami akan akan jelaskan apa dan bagaimana backup otomatis Drive.

Foto-foto ‘Dual Duty
Jika Anda menggunakan Google+ Photos, Anda akan melihat foto-foto itu di Drive dan juga di aplikasi Google+. Jika Anda menghapus sebuah gambar di Drive atau di Google+ Photos, perubahan itu tercermin pada aplikasi sebelah. Tab Google Photos pada Drive lebih seperti akses ke Google+ Photos Anda. Kita tahu bahwa penghapusan terjadi lintas ruang, tetapi tidak demikian dengan penyuntingan.

Bukan Hanya Android, Bukan Hanya untuk Google+
Lalu, bagaimana jika Anda menggunakan iOS dan bukan pengguna Google+? No problem.
Google+ Photos untuk Android sudah seperti sebuah backup otomatis, jadi opsi Drive sudah menjadi semacam terminal: sebuah tempat untuk melihat foto dari mana saja. Untuk pengguna iOS, Anda bisa memilih untuk menggunakan Drive untuk membackup foto-foto Anda secara otomatis. Masuk saja ke aplikasi Drive, buka menu, pilih ‘Auto Backup’, selesai! Ada juga pilihan-pilihan lain yang bisa Anda manfaatkan.  

Lokasi Ganda
Kita sudah tahu bahwa Google Photos di Drive mencerminkan isi Google+ Photos, tetapi membiarkan foto-foto Anda di galeri atau di rol kamera Anda. Jika Anda seorang pengguna Google+ di iOS, misalnya, Anda akan melihat foto-foto Anda di Plus, Drive, Camera Roll, dan via iCloud.
Jika Anda punya foto-foto di Google+ dan Drive, ia hanya akan dihitung satu kali terhadap limit kapasitas penyimpanan data. Semua foto juga otomatis diset ‘pribadi’.  

Ukuran File Penting
Baru saja mengambil foto berpixel padat? Keren! Simpan saja di Drive. Asal Anda tahu saja bahwa pixel-pixel itu menambah gendut ukuran file, yang artinya mengurangi jumlah ruang kosong pada ruang penyimpanan file di Drive, dan jika Anda membackup foto berukuran maksimal, ruang Anda akan lebih cepat habis. Jika ruang penyimpanan Anda tak cukup lagi, otomatis Google akan mengubah ukurannya ke ukuran standar.•••

back to top