Menu

Windows 10 untuk Mobile Bakal Dukung 30 Model Smartphone?

Windows 10 untuk Mobile Bakal Dukung 30 Model Smartphone?

Meski jalur upgrade Windows 10 pada desktop sudah bisa dibilang jelas, tidak begitu halnya pada ponsel. Februari lalu Microsoft mulai mengujicobakan versi tinjau dari sistem operasi yang baru ini, tetapi lingkup cakupannya luarbiasa terbatas, dengan hanya menjangkau tak lebih dari 6 model.

Ini bukan berarti bahwa Microsoft hanya akan mendukung 6 ponsel itu dan ponsel-ponsel yang akan hadir kelak, tetapi sejauh ini memang tidak ada kepastian papaun diberikannya kepada para penggunanya. Sekarang Microsoft mulai menggusur keraguan itu dengan mengumumkan 36 model (30 jika variannya tidak dihitung) yang akan tercakup dalam bangunan sistem operasi yang baru itu kelak.  

Meski mengupdate suatu piranti ke sebuah bersi sistem operasi baru itu bukan hal yang mudah, khususnya karena rencana Microsoft dengan Windows 10-nya ini bisa dibilang mendadak, tetapi yang jelas raksasa itu sudah sedang mengerjakan sebuah solusi yang hampir siap untuk pertunjukan utamanya. Masalah utama pada sistem partisi, misalnya, sudah mereka jawab dengan meluncurkan apa yang mereka sebut sebagai “partition stitching" (tambalan partisi) yang memungkinkan sistem mengubah ukuran partisi sesuai kebutuhan.

Fitur ini dan beberapa fitur lainnya tampaknya sudah memenuhi standar-standar kualitas yang ditetapkan oleh team pengembang, yang artinya bahwa begitu diluncurkan nanti, versi preview Windows 10 ini bisa mendukung lebih banyak piranti.  Raksasa ini mengeluarkan daftar piranti yang sudah tercakup, yang antara lain mengikutsertakan model-model seperti Lumia 1020,  Lumia 1320, Lumia 530 Dual Sim, Lumia 630 Dual Sim, Lumia 730 Dual SIM, Lumia ICON, Microsoft Lumia 435, dan masih banyak lagi. Diharapkan, model-model lain segera menyusul.••• 

back to top