Menu

Rapotivi: Aplikasi Android Untuk Laporkan Tayangan TV Tak Sehat

Rapotivi: Aplikasi Android Untuk Laporkan Tayangan TV Tak Sehat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa dunia pertelevisian nasional Indonesia dipenuhi oleh tayangan-tayangan yang kurang berkualitas, mulai dari tidak mendidik atau mengandung konten-konten yang tak tepat jam tayang.

Kini bagi Anda yang seringkali kesal karena televisi hanya menyajikan tayangan yang kurang bermuatan luhur, Anda bisa melaporkannya dengan mudah hanya dengan sebuah aplikasi perangkat Android, Rapotivi.

Seperti yang dilaporkan oleh ANTARA News, tim Rapotivi berfilosofi bahwa frekuensi saluran televisi dimiliki oleh publik. Hal ini dikarenakan pajak masyarakatlah yang merupakan sumber biaya pengaturan frekuensi tersebut. Karena televisi sudah memanfaatkan hak milik publik ditambah menayangkan iklan untuk mendongkrak laba, maka sudah sewajibnya pihak pengelola stasiun memberikan timbal balik dengan menawarkan acara TV yang bermanfaat, sehat serta berkualitas. 

Tujuan aplikasi ini adalah untuk membantu Komite Penyiaran Indonesia untuk mendengar aduan dan aspirasi langsung warga terkait tayangan televisi yang tayang. Jika Anda ingin turut mengawasi stasiun televisi Indonesia, Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi ini. Setiap laporan yang dibuat dengan Rapotivi akan disalurkan ke Komisi Penyiaran Indonesia. Bahkan, Tim Rapotivi sendiri yang akan memastikan agar aduan para warga yang menggunakan aplikasi ini bisa didengar dan disikapi oleh para regulator yang berwenang di KPI. 

Tim Rapotivi menilai banyak ketidakpatutan yang terus ditayangkan oleh pelaku industri televisi Indonesia, seperti pelecehan terhadap para difabel, penayangan wanita layaknya obyek seks, serta berita dan liputan yang tidak bermanfaat untuk kepentingan masyarakat seperti kehidupan pribadi orang terkenal. Selain itu, Rapotivi juga akan mengawal laporan produk jurnalisme yang sarat kepentingan dan berat sebelah, seperti yang seringkali terjadi pra dan pada saat pemilihan umum dan daerah.•••

back to top