Menu

Kalahkan Samsung, Xiaomi Rajai Penjualan Smartphone di Cina

Kalahkan Samsung, Xiaomi Rajai Penjualan Smartphone di Cina

Xiaomi baru saja menggeser tahta Samsung. Setelah bertahun-tahun menjadi merk ponsel pintar nomor satu di Cina, posisi Samsung kini direbut oleh Xiaomi.

Data terbaru dari IDC menunjukkan bahwa Xiaomi merajai 12,5 persen pasar penjualan ponsel pintar di Cina pada tahun 2014, dengan tipis mengalahkan Samsung yang meraih 12,2 persen.

Hal ini sungguh berbeda dibanding tahun 2013. Saat itu, Samsung memimpin di Cina dengan perolehan 18,7 persen bagian pasar, sedangkan Xiaomi yang merupakan merk lokal negara itu hanya memperoleh 5,3 persen. Hal ini menunjukkan pertumbuhan tahun-ke-tahun yang meningkat 186,5 persen pada Xiaomi dibandingkan dengan Samsung yang mengalami penurunan hingga 22,4 persen.

Merk ponsel yang sebelumnya menduduki peringkat ke dua dalam penjualan di Cina, Lenovo, pernah mengekspresikan ambisinya untuk mengalahkan Samsung, tetapi ternyata hingga hari ini belum berhasil. Lenovo malah turun peringkat jadi pemegang tempat ketiga pada tahun 2014. Sedangkan, Huawei dan Coolpad masing-masing menduduki peringkat keempat dan kelima.

Walaupun Apple mengakhiri tahun 2014 dengan cemerlang berkat model iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang lebih besar sehingga lebih digemari di negara itu, kenyataan tersebut tidak cukup untuk mendongkrak keseluruhan penjualan perangkat mereka pada tahun 2014. Padahal, jika melihat kuartil terakhir saja, pengiriman perangkat Apple di Cina menduduki posisi kedua, selisih sedikit saja dengan Xiaomi. Kepopuleran iPhone dan 6 Plus masih terus meningkat dan diramalkan bisa menjadikan Apple memiliki tempat lebih baik lagi di Cina pada tahun 2015.•••


back to top